Sunday, July 23, 2017

Cara Membuat Database MySQL Pada Xamp

Apa itu database ? database adalah kumpulan data yang disusun secara sistematis yang dapat diolah dan dimanipulasi menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi. 
Database MySQL dapat dipanggil dengan PHP agar sebuah web atau aplikasi dapat mengakses tabel database .


untuk membuat koneksi antara PHP dan MySQL silahkan Baca : Membuat Koneksi PHP MySql Dengan Mudah Tanpa Ribet





berikut cara untuk membuat database MySQL dengan mudah :

1. Hal yang perlu diperhatikan yaitu sudah memiliki aplikasi xamp . xamp yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai virtual untuk menggabungkan PHP , Apache ,MySql .untuk menjembatani agar dapat saling terkoneksi satu sama lain.

2. Buka Xamp control panel lalu start apache dan Mysql , pastikan keduanya running. seperti berikut  

3. Setelah status running , sekarang buka browser . tulis localhost/phpmyadmin pada browser untuk mengakses fitur phpmyadmin yang akan digunakan untuk membuat database

4. sekarang kita akan memulai untuk membuat database dan tabel . klik pada new untuk membuat database .silahkan isi nama database dan nama tabelnya sesuai keinginan.perhatikan pada pembuatan tabel jumlah kolom harus disesuaikan dengan jumlah field yang akan dibuat.



5. Setelah Tabel selesai dibuat ,sekarang kita akan membuat isi dari tabel . disini saya hanya membuat "nama" ,"alamat" "nim" , "kelas" , jenis_kelamin". pilih varchar untuk dapat menginput huruf dan angka dengan length 20 yang artinya dapat menginput 20 karakter .

 
nah berikut adalah langkah-langkah pembuatan database MySql , untuk dapat terkoneksi dengan web kita harus membuat koneksi.php yang berfungsi untuk memanggil tabel pada database 






Share:

0 komentar:

Post a Comment