Sunday, July 23, 2017

Membuat Koneksi PHP MySql Dengan Mudah Tanpa Ribet

Sebelum kita membahas tentang koneksi PHP ke MySql , alangkah baiknya kita memahami dulu apa itu PHP dan apa itu MySql .

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. (id.wikipedia.org)
MySql adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL / database

Sebelum memulai langkah-langkah membuat koneksi pastikan kita sudah memiliki database pada phpmyadmin, bila belum memiliki kalian dapat membaca artikel berikut 
Cara Membuat Database MySQL Pada Xamp

langkah pertama : 
1. siapkan notepad atau notepad++ untuk membuat .php
2. buka notepad dan isikan codingnya seperti berikut , samakan nama database dengan select db , nama database yang saya buat yaitu tutorialmas



3. simpan dengan nama koneksi.php pada save as type pilih tanda "." . lihat gambar berikut.


4. untuk melihat apakah sudah berhasil konek , saya membuat view.php dengan koding seperti berikut , select db dengan nama tutorialmas dan query dengan nama tabel tabel_tutorial.



5. pindahkan kedua file ( koneksi.php dan view.php ) ke dalam htdoc .



6. sekarang kita uji pada browser , ketikan alamat localhost/tutorialmas/view.php . apabila seperti gambar dibawah berarti php dan database berhasil terkoneksi . apabila error pastikan bahwa didalam database sudah terdapat data / isi .


berikut isi yang ada pada database






Share:

0 komentar:

Post a Comment